Jumat, 19 September 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Menu Kreatif Olahan Daging Sapi
Senin, 2 April 2012 | 15:57 WIB
KOMPAS.COM/WARDAH FAJRI
Kreasikan menu daging sapi dengan mencampurkan potonan daging pada bihun.
TERKAIT:

KOMPAS.com - Minimnya kreativitas mengolah daging, untuk menghadirkan hidangan lebih bervariasi dan menggoda selera, menjadi salah satu faktor mengapa konsumsi daging di Indonesia masih terbilang rendah.

"Kebiasaan mengolah daging dengan baik melalui berbagai variasi menu belum bertumbuh di Indonesia. Daging umumnya hanya dimasak dengan banyak bumbu, belum dengan cara lain yang lebih menonjolkan citarasa daging itu sendiri," tutur Isye Iriani, Chief Representative Meat & Lovestock Australia (MLA), dalam acara Australian Wagyu Taste Experience di Tamani Kafe Grill Kemang, Jakarta, Senin (2/4/2012)

Menurut Isye, edukasi mengenai berbagai hal seputar daging menjadi kebutuhan. Itulah sebabnya, tiga tahun belakangan MLA fokus membuka wawasan konsumen untuk lebih memahami manfaat daging, termasuk kreatif mengolah daging tanpa mengurangi nutrisi namun tetap menggoda selera.

Idealnya, lanjut Isye, setiap orang mengonsumsi 150 gram daging sapi per hari untuk memenui kebutuhan protein dan zat besi. "Dari 150 gram tersebut, terkandung 6-8 mg zat besi. Daging sapi mengandung zat besi yang lebih tinggi dari sumber protein lainnya," tutur Isye, yang menyarankan konsumsi daging dapat divariasikan selama 3-4 hari dalam seminggu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah asupan daging dalam keluarga. Anda bisa memilih daging sapi biasa atau premium semacam wagyu untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya.

"Setiap jenis daging dapat diolah dengan berbagai cara, untuk anak dari usia satu tahun sampai dewasa. Dari daging cincang sampai steak," ungkapnya.

Ide dari enam negara

Kuliner dari berbagai negara dapat menjadi inspirasi Anda dalam mengolah daging untuk meningkatkan asupan protein. Simak saja gaya enam negara ini dalam mengolah daging, yang kebanyakan menggunakan daging cincang.

Perancis punya banyak varian menu menggunakan daging cincang, selain menu steak. Beberapa menu daging di Perancis di antaranya beef confit, steak frites, dan pot au feu.

Terinspirasi dari Eropa, kuliner di Amerika juga banyak menggunakan daging sapi cincang dan potongan steak. Anda bisa menyediakan hidangan dari daging melalui hamburger, steak, hot dog, hingga pizza ala Amerika.

Sementara di Italia, banyak ditemui olahan daging cincang sebagai saus seperti pada spageti.

Di China, dengan teknik memasak yang cepat dan praktis menggunakan wajan dan api besar, daging sapi irisan menjadi andalan. Seperti pada menu mi rebus daging sapi.

Lain lagi dengan Jepang yang terkenal akan penggunaan makanan musiman, kualitas bahan masakan, dan presentasi hidangan. Daging sapi yang biasa digunakan adalah potongan sukiyaki. Pilihan menunya mulai shabu-shabu, ramen, dan berbagai hidangan yang menyertakan irisan daging di dalamnya.

Sedangkan di Meksiko, citarasa pedas-panas menjadi ciri khas. Jenis potongan sapi yang banyak digunakan di negara ini adalah cincang, untuk menemani makanan utama berupa jagung dan kacang-kacangan. Salah satu contoh menu daging ala Meksiko yang populer adalah nachos.

Ragam bentuk

Dalam buklet keluaran MLA bertajuk Memasak di Akhir Pekan, daging dapat dimasak menjadi ragam varian olahan. Anda bisa mengolah daging dengan membentuknya menjadi bakso daging, rollade, loaf,atau burger. Bahkan Anda juga bisa mengolah daging cincang menjadi satai yang nikmat.

Pilihan lainnya dengan membuat tumisan daging cincang yang dapat dipadukan dengan ragam saus seperti saus keju, tomat, atau teriyaki. Kreasi menunya seperti makaroni keju panggang, atau sayuran tabur daging tumis, misalnya. Bahkan, Anda juga bisa mengolah tumisan daging cincang menjadi isi martabak goreng.

Pilihan olahan daging lainnya adalah sup daging baik berkuah kental maupun bening. Shabu-shabu dapat menjadi contohnya, atau Anda juga bisa membuat hidangan mi campur bayam menggunakan daging sapi potongan sukiyaki.

Anda juga bisa mengolah tumis daging dengan potongan dadu, lembaran atau persegi panjang. Steak menjadi olahan daging lainnya, dan sangat tepat dipilih jika Anda menggunakan daging sapi premium seperti wagyu.

Bagaimana dengan Anda, kreasi menu seperti apa yang pernah dicoba dan disukai keluarga, untuk meningkatkan asupan protein dari daging?

Penulis: WAF   |   Editor: Dini Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!