Kamis, 30 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Jelang Kenaikan Harga BBM
Harga Kebutuhan Pokok Naik
Kamis, 15 Maret 2012 | 20:35 WIB
Kompas/Harry Susilo
Kepolisian Resor Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (15/3/2012) menyita 3.000 liter solar yang ditimbun di sebuah tempat penyimpanan di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.
TERKAIT:

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Aceh merangkak naik.

Sejumlah pedagang menyebutkan, kenaikan ini dikarenakan ongkos angkut dan harga beli dari pengepul sudah naik.

Di Pasar Atjeh, Banda Aceh, harga beras naik dari Rp 125.000 per kantong (satu kantong beras berisi 15 kilogram), menjadi Rp 135.000.

Zainuddin (42), pedagang di Pasar Atjeh, Kamis (15/3/2012), mengungkapkan, kenaikan ini terjadi untuk hampir semua jenis beras. Rata-rata kenaikan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

"Kenaikan sudah 4 hari ini. Beras-beras dari Medan terutama yang banyak naik. Tapi, beras lokal pun juga naik," kata Zainuddin.

Dia mengaku tak tahu pasti, apakah kenaikan ini karena dampak menjelang kenaikan harga BBM atau bukan. Namun penyuplai beras dari Medan dan Pidie mengatakan, ongkos transportasi sudah naik dan harga jual dari tengkulak juga sudah melambung.

"Kami hanya bisa mengikuti harga mereka saja, kalau tak begitu kami rugi. Tapi kami pun tak berani menaikkan harga tinggi-tinggi pula. Kasihan juga pembeli," kata Zainuddin.

Marzuki (38), pedagang lainnya, mengatakan, setiap menjelang kenaikan harga BBM, harga beras selalu naik. Harga akan kembali naik jika harga BBM benar-benar dinaikkan.

"Seperti tahun 2004 lalu, BBM naik, semuanya naik, kami-kami juga yang susah," kata pedagang beras di Pasar Peunayong itu.

Tak hanya beras, harga kebutuhan pokok lain, seperti minyak goreng, ikan, dan cabai juga melonjak di Banda Aceh. Harga minyak goreng naik dari Rp 10.000 per kilogram menjadi Rp 12.000 per kilogram. Ikan tongkol naik dari Rp 100.000 per ekor menjadi Rp 200.000 per ekor.

Penulis: Mohamad Burhanudin   |   Editor: Agus Mulyadi Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!