Selasa, 25 November 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Beasiswa
2.000 Mahasiswa PTS Akan Dapat Bidik Misi
Rabu, 14 Maret 2012 | 09:51 WIB
shutterstock
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar baik datang untuk para mahasiswa di perguruan tinggi swasta. Mulai tahun 2013, pemerintah akan memberikan program beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa PTS.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan memberikan program beasiswa itu kepada 2.000 mahasiswa di PTS. Akan tetapi, kata dia, beasiswa itu hanya diberikan kepada mahasiswa miskin berprestasi dari PTS dengan program studi (prodi) terakreditasi A.

"Kita akan berikan Bidik Misi kepada 2.000 mahasiswa PTS. Dengan catatan, mahasiswa tersebut miskin dan berasal dari prodi terakreditasi A," kata Djoko, Selasa (13/3/2012) sore, di Jakarta.

Ia menjelaskan, mahasiswa PTS juga akan mendapatkan jatah yang sama dengan penerima Bidik Misi mahasiswa PTN, yaitu sekitar Rp 12 juta per orang per tahun.

Djoko menegaskan, seleksi Bidik Misi untuk mahasiswa PTS diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing perguruan tinggi. Kemdikbud hanya memberikan beberapa rambu, seperti akreditasi program studi, program studi yang dipilih, dan mahasiswa yang bersangkutan memenuhi kriteria miskin berprestasi.

Hingga saat ini, Bidik Misi telah menyentuh sekitar 50.000 mahasiswa miskin berprestasi. Untuk periode 2011, serapan Bidik Misi hampir mencapai 100 persen. Adapun untuk periode 2012 masih belum diketahui karena proses seleksi masih berlangsung.

Penulis: Indra Akuntono   |   Editor: Inggried Dwi Wedhaswary Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!