Rabu, 1 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Senam Kegel untuk Pria
Sabtu, 17 Juli 2010 | 09:50 WIB
shutterstock

Kompas.com - Melemahnya otot pelvis pada pria kadang-kadang terjadi setelah operasi prostat. Untuk memperbaiki kemampuan mengendalikan kandung kemih Anda perlu melatih dua kelompok otot, otot-otot yang dikontraksikan seperti ketika Anda menahan buang air besar atau menahan gas yang akan keluar dari rektum, dan otot pada dasar penis yang digunakan untuk mengeluarkan tetes terakhir urin atau waktu ejakulasi semen.

- Kontraksikan otot yang dipakai untuk menahan buang air besar. - Sementara mengetatkan otot tersebut, perketat pula otot pada dasar penis. Akan terasa penis sedikit tertarik ke arah tubuh. - Tahan kedua otot tersebut sampai hitungan ke sepuluh. - Rilekskan otot dan istirahat selama 1 jam. - Ulangi latihan ini sebanyak enam kali. - Lakukan latihan ini sehari-hari sebelum tidur, sebaiknya dalam posisi duduk. Jangan melakukan latihan berlebihan karena otot akan lelah dan kebocoran akan bertambah hebat. - Kontraksikan otot ini ketika akan bangkit berdiri dari posisi duduk atau ketika mengangkat sesuatu agar tidak terjadi kebocoran. - Begitu Anda berhasil mengendalikan urin, teruskan melakukan latihan ini agar otot ini selalu dalam kondisi baik.

Mayo Clinic
Sumber :
Editor: Lusia Kus Anna Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!