Senin, 24 November 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Mau Lambung Sehat, Terapkan 3T!
Jumat, 9 Juli 2010 | 10:57 WIB
shutterstock

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa nyeri yang menusuk perut kerap melanda para penderita sakit maag. Rasa sakit yang tak tertahankan seringkali menyerang lambung akibat ketidakteraturan pola makan.

Upaya mencegah dan memberi solusi terhadap penderita penyakit maag dapat dilakukan guna menjaga lambung tetap sehat seumur hidup. Salah satu upaya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan kebiasaan 3T dalam mengonsumsi makanan.

"Upaya yang tepat ialah dengan melakukan Gerakan Lambung Sehat Indonesia melalui program 3T, yaitu Tepat waktu, Tepat nutrisi, dan Tepat solusi untuk lambung," ungkap Widjanarko Lokadjaja, direktur pemasaran Kalbe Farma OTC  pada acara Gerakan Lambung Sehat Indonesia di Jakarta, kemarin.

Tepat waktu adalah menepati jadwal makan secara teratur. Jangan memulai makan setelah anda benar-benar merasa lapar. Aturlah jadwal makan seperti membiasakan sarapan antara pukul 06.00 hingga 08.00 pagi. Jam makan siang dapat dimulai pada pukul 12.00 hingga 13.00, sementara makan malam diupayakan jangan di atas pukul 20.00.

Tepat nutrisi adalah tidak makan secara berlebihan atau kekurangan. Makan secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, sementara bila kekurangan energi tubuh akan lemah dan tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Tepat solusi adalah tidak mengunyah makanan dengan terburu-buru karena akan membebani saluran cerna. Saat makan sebaiknya jangan diselingi dengan minum karena akan menimbulkan rasa kenyang yang bersifat semu. Setelah makan, dianjurkan tidak melakukan aktivitas berat, tidur, duduk karena akan menganggu proses pencernaan. Sebaiknya, tetaplah melakukan aktivitas ringan.

Dr. Sri Sukmaniah, SpGk, dari Departemen Gizi FKUI menambahkan, selain harus menepati jadwal makan, ada baiknya juga mengonsumsi makanan selingan yang sehat agar menjaga lambung tidak kosong terlalu lama.

 

"Selain makan makanan utama, baik juga untuk mengkonsumsi makanan selingan sehat seperti buah-buahan, agar-agar, kacang rebus, dan kacang panggang," kata Sri.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pedoman gizi seimbang juga harus diperhatikan dalam menu makanan. "Komposisi zat gizi dalam makanan harus seimbang, karbohidrat sekitar 50-60%, kemudian protein 10-15%  dan lemak 20-30%." tambah Sri.

Gerakan Lambung Sehat Indonesia adalah program edukasi masyarakat mengenai cara mudah menjaga kesehatan lambung sehingga mampu memelihara fungsi kerja organ lambung seumur hidup. Gerakan Lambung Sehat akan dilaksanakan di 40 kota Indonesia sampai akhir 2010 dimulai di kota pertama, yaitu Jakarta tanggal 18 Juli 2010.

Penulis: M01-10   |   Editor: Asep Candra Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!