Sabtu, 19 April 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Kurang Vit A Sebabkan Hamil Anggur
Sabtu, 5 Juni 2010 | 14:56 WIB
shutterstock

JAKARTA, KOMPAS.com Kekurangan vitamin A diduga kuat menjadi salah satu penyebab terjadinya mola hidatidosa atau biasa dikenal sebagai hamil anggur. Pulihnya kadar vitamin A akan menyebabkan penderita hamil anggur terhindar dari kanker dan memulihkan kesehatan sehingga peluang kehamilan lebih besar.

Demikian dikatakan Prof Dr dr Andrijono, Sp OG, dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar tetap dalam obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Sabtu (5/6/2010) di Jakarta.

Menurut Andrijono, di Indonesia, peristiwa hamil anggur berkisar antara 1 dan 40-400 kehamilan. Hamil anggur sendiri lebih banyak terjadi pada perempuan di Asia dan Amerika dibanding di negara Eropa. Hal ini terjadi karena umumnya hamil anggur diderita oleh perempuan yang masih muda dan kehamilannya merupakan yang pertama.

Penyebab hamil anggur sendiri masih misteri. "Belum ada penyebab pastinya, semua teori-teori belum dapat dibuktikan. Baru faktor kekurangan vitamin A ini yang terbukti," katanya.

Dalam penelitiannya diketahui bahwa risiko seorang perempuan mengalami hamil anggur 6,8 kali lebih besar jika kadar vitamin dalam darahnya kurang. Risiko itu akan meningkat bila kehamilannya tersebut adalah kehamilan pertama.

"Pemberian vitamin A pada biakan sel-sel hamil anggur terbukti dapat meningkatkan kematian sel hamil anggur," papar dokter yang saat ini menjabat sebagai konsultan onkologi ginekologi FKUI.

Hasil penelitian juga menunjukkan vitamin A akan meningkatkan proses kesembuhan dan mencegah terjadinya kanker yang disebabkan sel hamil anggur yang tumbuh berlebihan. Manfaat lain adalah memperbaiki fungsi hati karena defisiensi vitamin A bisa menyebabkan kelainan fungsi hati.

"Pencegahan ini sangat berarti karena relatif murah, murah dan sangat efektif," kata Andrijono. Selain itu, vitamin A yang cukup juga akan menurunkan angka kegagalan fungsi reproduksi.

Penulis: AN   |   Editor: Lusia Kus Anna Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!