Kamis, 17 April 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Nyeri Ulu Hati Mungkin Serangan Jantung
Jumat, 21 Mei 2010 | 11:38 WIB

Kompas.com - Serangan jantung seringkali digambarkan sebagai nyeri dada yang hebat, napas sesak, atau mendadak pingsan. Padahal, rasa sakit akibat serangan jantung bervariasi pada setiap orang. Tak sedikit pasien jantung yang awalnya mengira gejala yang dirasakannya adalah sakit maag.

Hal itu dialami oleh Sjachrul (53) yang masuk ke unit gawat darurat RS.Pondok Indah Jakarta beberapa waktu lalu karena merasakan nyeri hebat di bagian ulu hatinya setelah sebelumnya mengalami muntah di rumah. "Saya kira saya terkena sakit maag, namun yang sedikit berbeda adalah keringat dingin mengucur dengan deras," katanya.

Karenanya ia sangat terkejut ketika oleh dokter ia dinyatakan menderita serangan jantung. "Hasil pemeriksaan menunjukkan ada sumbatan di bilik kanan jantung saya," papar pecandu rokok berat ini. Oleh dokter, penyumbatan yang dialaminya diatasi dengan pemasangan stent.

Menurut penjelasan dr.Taufik Arifin Pohan, SpJP dari RS.Pondok Indah, sekitar 30 persen serangan jantung memiliki mirip dengan gejala sakit maag. "Gejala jantung juga dapat menimbulkan nyeri di ulu hati. Karena itu, perlu dipikirkan pemeriksaan jantung jika obat maag yang selama ini dikonsumsi tidak memberi kesembuhan," paparnya.

Penyempitan pembuluh darah juga bisa menimbulkan gejala keringat dingin. Penyempitan arteri akan membuat tubuh beradaptasi dengan menyetel dirinya dalam posisi siaga, yang salah satu tandanya adalah dengan mengeluarkan keringat dingin.

Serangan jantung menimbulkan kerusakan pada otot jantung karena kehilangan pasokan darah. Biasanya hal itu terjadi ketika bekuan darah menyumbat aliran darah di arteri koroner. Semakin cepat Anda ke rumah sakit, semakin banyak yang bisa dilakukan untuk membatasi kerusakan otot jantung.

Nyeri berupa serangan jantung akibat penyempitan maupun pembuntuan arteri koroner bersifat mendadak, terasa seperti mencengkeram, menekan, meremas, ataupun rasa terbakar. Kadang digambarkan seperti ditimpa benda berat, atau layaknya diikat oleh seutas tali di seputar dada. Serangan nyeri yang sangat khas tersebut sering disebut Angina.

Penulis: AN   |   Editor: Anna Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!