Selasa, 16 September 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Ketua MK: Penangkapan Susno Cenderung Aneh
Senin, 12 April 2010 | 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai penangkapan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji cenderung aneh. Apalagi, karena alasan pelanggaran disiplin, mantan Kapolda Jawa Barat tersebut ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kalau alasannya tidak minta izin, itu kan tindakan indisipliner, itu tindakan bukan tindak pidana, tidak ada penangkapan, kecuali memang ada alasan tindak pidana. Ada yang belum dijelaskan oleh polisi, Mabes Polri harus menjelaskan alasan sebenarnya," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/4/2010).

Menurut dugaan Mahfud, penangkapan Susno tersebut dilakukan oleh kepolisian untuk meredam gejolak yang terjadi di masyarakat terkait gerak-gerik Pati Mabes Polri tersebut.

Sesuai dengan peraturan tertulis yakni PP Nomor 30 Tahun 1980, lanjut Mahfud, pelanggaran disiplin seharusnya hanya diberikan peringatan keras dan hukuman terberatnya dalah pemberhentian secara tetap.

"Kalau indisipliner tidak ada pidana. Kalau nangkap harus berdasarkan UU," tandasnya.

Sebelumnya, Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap Komjen Susno Duadji di Bandara Soekarno-Hatta. Mantan Kabareskrim Mabes Polri itu ditangkap dengan tuduhan melanggar disiplin internal Polri.

Kalau alasannya tidak minta izin, itu kan tindakan indisipliner, itu tindakan bukan tindak pidana, tidak ada penangkapan, kecuali memang ada alasan tindak pidana. Ada yang belum dijelaskan oleh polisi, Mabes Polri harus menjelaskan alasan sebenarnya.

Tribunnews.com
Sumber :
Editor: lou Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!