Sabtu, 25 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Kembali ke Index Topik Pilihan
Hamka Ikut Atur Distribusi Cek Perjalanan
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Kamis, 18 Maret 2010 | 11:00 WIB
PERSDA/BIAN HARNANSA
Setelah menjalani pemeriksaan sejak pagi, anggota DPR RI Komisi XI, Hamka Yamdhu, ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (17/4) petang.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Dakwaan jaksa dalam sidang perdana mantan politisi PPP, Endin Soefihara, di Pengadilan Tipikor, Kamis (18/3/2010), mengungkap peran mantan politisi Golkar Hamka Yandhu yang dominan dalam distribusi cek perjalanan terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom.

Jaksa menunjukkan keterlibatan Hamka dalam membantu Nunun Nurbaeti, istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun, dalam menentukan pembagian cek perjalanan. Dalam dakwaannya, jaksa menyebutkan, Hamka bertemu langsung dengan Nunun pada 7 Juni 2004 di kantor Nunun di kawasan Menteng. Hamka, yang waktu itu masih aktif sebagai anggota Komisi IX DPR, bertemu dengan Nunun bersama Ahmad Hakim Safari MJ atau Arie Malangjudo.

"Pertemuan untuk menyepakati akan adanya pemberian tanda terima kasih kepada anggota DPR melalui Arie Malangjudo," tutur jaksa Sarjono Turin. Jaksa menyebutkan bahwa dalam pertemuan itu, Hamka mengatakan kepada Arie, 'Kita sudah atur, nanti ada kode merah, kuning, hijau, dan putih pada kantong itu'.

Nunun memang memberikan empat kantong belanja dari karton yang masing-masing berisi 30 cek perjalanan. Saat itu, fraksi-fraksi yang terlibat dalam pemilihan adalah Fraksi PDI-P, Golkar, PPP, dan Fraksi TNI/Polri.

"Kemudian dilanjutkan arahan oleh Nunun Nurbaeti dengan mengatakan, 'Nanti ada orang yang mengambil dan kamu (Arie) dikabarin lagi'," kata jaksa. Setelah pertemuan itu, keesokan harinya Arie bertemu dengan politisi PPP, Endin Soefihara, sambil menyerahkan amplop berkode warna hijau.

Editor: A. Wisnubrata Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!