Kamis, 24 Mei 2012
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Junk Food Sumber Depresi
Sabtu, 6 Maret 2010 | 07:05 WIB

KOMPAS.com - The British Journal of Psychiatry mengumumkan, makanan cepat saji atau junk food berkontribusi besar untuk membuat kita lebih cepat stres bahkan sampai depresi, dibanding makanan sehat.

Kesimpulan itu didapat setelah mengamati pola konsumsi dari 3.486 ribu orang yang rata-rata berusia 55 tahun. Responden yang terdiri dari pria dan wanita ini, diminta untuk mengisi kuisioner mengenai berapa banyak makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk menyebutkan berapa kali makan makanan kemasan dalam sehari. Rentang ukuran yang diberikan untuk makanan kemasan adalah tidak pernah sampai 6 kali sehari.

Dari data yang terkumpul, kemudia dibagi dalam beberapa identifikasi. Pertama adalah identifikasi pola konsumsi makanan yang diproses dengan benar. Tolak ukurnya, berapa kali dalam sehari responden mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan ikan. Kedua adalah makanan yang proses pengolahannya tidak sehat dan umumnya diartikan sebagai makanan kemasan. Untuk jenis makanan ini karakteristiknya adalah memiliki kadar gula, lemak, dan kalori yang tinggi. Jenis makanan yang paling sering masuk dalam karakteristik itu adalah makanan-makanan cepat saji yang digoreng.

Selama 5 tahun, semua responden diamati dengan menjawab kuisioner yang diberikan sambil diamati gejala depresi yang muncul yang dibandingkan dengan kondisi populasi secara umum.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi makanan sehat sangat kecil kencenderungannya untuk mengalami depresi. Sedangkan makanan kemasan yang kadar gula dan lemaknya tinggi, membuat tubuh kita jadi lebih lemah. “Penelitian ini sangat komprehensif karena kami melakukannya pada responden yang besar dengan faktor sosio-demografis yang luas,” Tasnime Akbaraly, PhD., ketua penelitian dari National Insitute of Health and Medical Research menjelaskan.

Arkbaraly juga menjelaskan, seluruh responden diamati faktor-faktor yang memengaruhi status kesehatannya, mulai dari kebiasaan merokok, intensitas aktivitas fisik, hingga indeks massa tubuh. “Ternyata faktor-faktor tersebut tidak serta merta memengaruhi munculnya gejala depresi. Ini berbeda jauh dengan pilihan makanan yang mereka konsumsi.”

Itu mengapa, diakhir kesimpulan penelitiannya, Arkbaraly menyarankan agar kita mengurangi konsumsi makanan kemasan, makanan yang nilai lemak dan gulanya tinggi. “Lebih baik perbanyak buah, sayuran, dan ikan, karena makanan-makanan ini tak memicu terjadinya depresi pada para responden yang kami amati.” (Preventiononline/Siagian Priska)

Prevention Indonesia
Sumber :
Editor: Anna Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!