Rabu, 30 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Golkar, PDI-P, dan PKS Konsisten Opsi C
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Rabu, 3 Maret 2010 | 12:18 WIB
KOMPAS.com/Caroline Damanik
Rapat paripurna DPR RI, Selasa (2/3/2010), dibuka dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua DPR RI dan pengambilan keputusan terhadap hasil Panitia Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga partai besar di DPR, yaitu Golkar, PDI-P, dan PKS, menunjukkan kekonsistenannya dengan memilih opsi C sebagai kesimpulan dan rekomendasi akhir rapat paripurna terhadap penuntasan kasus Bank Century. Dalam pandangan yang dibacakan oleh Puan Maharani, Fraksi PDI-P dengan tegas menyebutkan melihat adanya indikasi pelanggaran peraturan perbankan, pidana umum, dan pidana korupsi dalam kasus Bank Century.

PDI-P juga melihat dengan jelas pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam kasus ini demi membangun supremasi hukum dan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. ”Oleh karena itu, PDI-P konsisten pada poin C, mengingat konsistensi sikap akan selalu dicermati,” tutur putri Megawati Soekarnoputri ini.

Sementara itu, dalam pembacaan sikap yang hanya berlangsung lima menit, juru bicara PKS, Eki Awal Muharom, sempat mengatakan, opsi A dan opsi C sebenarnya memiliki kesamaan secara substansial, tetapi tetap ada perbedaan sebagai konsekuensi dari demokrasi. ”Namun, atas hasil Pansus, PKS berkeyakinan bahwa opsi C adalah relevan dan terbaik untuk perbaikan sektor keuangan dan perbankan serta penegakan supremasi hukum di Republik Indonesia,” ujarnya.

Euforia hidup di dalam kubu opsi C karena kini sudah tiga fraksi yang menyatakan dengan tegas bahwa kebijakan dana talangan cacat secara hukum. Setiap juru bicara Golkar, PDI-P, dan PKS membacakan opsi pilihan mereka, anggota fraksi lain yang berada di dalam kubu yang sama memberikan standing applause untuk fraksi yang membacakan pandangan.

Editor: wsn Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!