Jumat, 10 Februari 2012
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Bir Bikin Tulang Kuat
Rabu, 10 Februari 2010 | 15:17 WIB

KOMPAS.com — Dalam jumlah besar alkohol menjadi racun yang memengaruhi setiap sel tubuh. Namun, minum bir secukupnya ada manfaatnya, salah satunya adalah memperkuat tulang.

Menurut lembaga National Institutes of Health, bir mengandung silikon yang mudah larut dalam bentuk orthosilici acid (OSA) yang diyakini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta jaringan penghubung sehingga mengurangi risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Sebelum ini, para ahli belum pernah mengevaluasi manfaat kandungan silikon dalam bir. Dalam penelitian ini para ahli menganalisis 100 jenis bir yang dijual bebas untuk mengetahui kandungan silikonnya. Rata-rata bir mengandung 6,4-56,5 miligram per liter. Boleh dibilang bir adalah sumber silikon pembangun tulang dalam bentuk OSA.

Hingga saat ini memang belum ada rekomendasi konsumsi silikon yang aman setiap hari. Namun, para peneliti menyebutkan, asupan harian sebanyak 20-50 miligram cukup aman. Selain bir, sumber silikon lain adalah sereal granola, sereal tinggi serat, serta oatmeal.

WebMD
Sumber :
Penulis: AN   |   Editor: acandra Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!