Jumat, 19 Desember 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Pemecahan Deposito Juga Pakai Nama Karyawan Budi Sampoerna
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Senin, 11 Januari 2010 | 16:49 WIB
KOMPAS.COM/DHONI SETIAWAN
Mantan Direktur Bank Century, Robert Tantular memberikan keterangan kepada Tim Pansus Hak Angket Bank Century di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin 11/01/2010.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham pengendali Bank Century Robert Tantular diduga melakukan rekayasa pemecahan deposito senilai USD 42.8 juta atau sekitar 400 miliar menjadi beberapa deposito sebesar Rp 2 miliar pada tanggal 16 November 2008.

Untuk pemecahan uang NCD ke 2 miliar pakai nama karyawan Bank Century kantor pusat dan sebagian nama karyawan Budi Sampoerna di Surabaya.
-- Robert Tantular

Alasan tindakan ini dipertanyakan oleh Pansus Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century DPR RI kepada Robert dalam rapat pemeriksaan, Senin (11/1/10). Robert mengatakan tindakan pemecahan menjadi Negotiable Certificate Deposit (NCD) ini diambil dengan menggunakan sejumlah nama karyawannya. Selain menggunakan sejumlah nama karyawan Bank Century, Robert menyebut dia menggunakan nama-nama karyawan Budi Sampoerna.

"Untuk pemecahan uang NCD ke 2 miliar pakai nama karyawan Bank Century kantor pusat dan sebagian nama karyawan Budi Sampoerna di Surabaya," ungkapnya.

Robert juga mengaku tak mengikuti proses verifikasi nama dan identitas karyawan yang akan dijadikan identitas pemegang deposito hasil pemecahan tersebut. Menurut versi audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pemecahan deposito bermula saat Robert meminta karyawannya untuk dibuatkan NCD sebanyak 247 bilyet dengan nilai nominal masing-masing Rp 2 miliar.

Rekayasa pemecahan deposito senilai Rp 2 miliar didahului didorong fakta bahwa Bank Century terancam ditutup karena tak bisa mengikuti kliring pada tanggal 13 November 2008. Century pun kesulitan likuidasi dan mengajukan Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP).
 

Editor: ksp Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!