Sabtu, 30 Agustus 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Akhirnya Guru Penyusun Naskah Ujian "Mak Erot" Dicopot
Jumat, 13 November 2009 | 10:44 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Masih ingat kasus naskah ujian tengah semester (UTS) sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo yang memuat kalimat berbau cabul dan nama “Mak Erot”, akhir Oktober lalu?

Perkembangan terkini, penyusun naskah tersebut, Heddy Anto, dicopot dari posisi guru SDN Kedungcangkring, Jabon, Sidoarjo. Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Sidoarjo, Agoes Budi Cahyono, ikut kena getah –diberi sanksi berupa peringatan.

Sedangkan seorang staf Dindik Sidoarjo ditegur lesan, dan dua orang diturunkan golongan kepangkatannya masing-masing satu tingkat.

Sanksi bagi lima orang itu diungkapkan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Sidoarjo, Joko Sartono, seusai menyerahkan hasil laporan kerja timnya ke Bupati Sidoarjo, Win Hendrarso, Rabu (11/11) sore.

Menurut Joko, sanksi tersebut dijatuhkan oleh Win setelah mempelajari laporan yang disodorkan Inspektorat Sidoarjo.

“Ada lima pihak yang diberi sanksi terkait masalah naskah ini, “ tegas Joko.

Seperti diberitakan, muncul kalimat berbau cabul dalam naskah UTS untuk SD di Sidoarjo. Kalimat vulgar sekaligus dagelan terselip dalam paragraf akhir dari dua paragraf bacaan di soal ujian Bahasa Indonesia (BI). Ada siswa yang menerima lembar soal itu dalam kondisi kalimat-kalimat vulgar masih belum dihapus, namun ada juga yang sudah dihapus dengan memoleskan stipo pada tulisan tersebut.

Karena hapusan stipo tidak maksimal, kalimat-kalimatnya masih bisa terbaca kendati harus dengan seksama. Tulisan itu berbunyi: Pengusaha bandel di krangkeng bareng Mak Erot, dan juga kata-kata: Pengusaha nakal diucluk-ucluk karo biasane dibalsem teronge…I love U full.

Tak pelak, kasus tersebut menyedot perhatian banyak kalangan, termasuk Mendiknas M Nuh. Bahkan pihak Mapolres Sidoarjo pun ikut turun tangan. Ketika kasus itu mengemuka, si penyusun naskah ujian, Heddy Anto, diperiksa atasannya.

Dia beralasan, saat menyusun naskah sedang dalam kondisi tegang karena waktu deadline hampir bersamaan dengan kesibukannya mengkhitankan anak.

Sanksi berat
Kepala Inspektorat Kabupaten Sidoarjo, Joko Sartono, menambahkan, sanksi bagi Heddy Anto termasuk berat. Guru SDN Kedungcangkring ini di-nonjob-kan dari jabatan guru, kemudian ditarik menjadi staf Dindik Sidoarjo. Secara resmi, sanksi bagi Heddy Anto maupun yang lainnya kini hanya tinggal menunggu surat keputusan (SK) Bupati Sidoarjo.

Adapun sanksi berupa peringatan diberikan ke Kadindik Sidoarjo, Agoes Budi Cahyono, agar kejadian itu tidak terulang lagi di masa mendatang. Sedangkan sanksi untuk tiga anak buah Agoes, dua di antaranya pangkatnya setingkat dalam tahun ini. Mereka, mantan Kabid Pendidikan Dasar, Teguh Sarwono, dan Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Asyari.

Pangkat Teguh semula IVb, dilorot menjadi IV/a, dan pangkat Asyari diturunkan dari III/d menjadi III/c. Sedangkan Bambang Eko Sujarwo diberi sanksi teguran lisan.

“Pak Teguh diberi sanksi karena naskah bermasalah itu sudah jadi saat dia masih menjabat Kasi Pendidikan Dasar. Dia sekarang sudah pindah ke Dinas Pariwisata Sidoarjo,” ungkap Joko Sartono.

Kadindik Sidoarjo, Agoes Budi Cahyono, mengaku belum tahu laporan Inspektorat Sidoarjo mengenai kasus naskah mengandung kata-kata cabul itu. Saat ditanya mengenai kemungkinan adanya sanksi dari bupati, dia juga menyatakan belum tahu.

“Saya belum tahu. Tanya saja ke inspektorat, “ katanya, di sela pembukaan Sidoarjo Education Expo 2009, di Sun City Sidoarjo, Rabu (11/11).

Di pihak lain, upaya polisi mengusut kasus naskah berbau cabul tersebut masih terus berjalan. Polisi berencana memanggil ulang tiga saksi, Sabtu (14/11), dan akan mengundang pula dua saksi ahli, yaitu ahli hukum pidana dari Unair dan ahli bahasa dari Unesa.

"Setelah mendapatkan keterangan dua saksi ahli itu nanti, polisi baru akan memutuskan siapa calon tersangka kasus tersebut," kata Kasat Reskrim Polres Sidoarjo, AKP Agung Pribadi. (st3)

Surya
Sumber :
Editor: hertanto Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!