Rabu, 23 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
10 Makanan Terbaik untuk Rambut
Jumat, 30 Oktober 2009 | 14:57 WIB
TPG IMAGES
TERKAIT:

MERAWAT rambut dengan shampoo dan conditioner saja mungkin belum cukup bagi Anda untuk mendapatkan mahkota kepala yang benar-benar sehat dan indah. 

Jika Anda benar-benar ingin memperoleh rambut yang segar, sehat dan tampak berkilau, Anda patut memperhitungkan asupan gizi yang Anda peroleh. Artinya jangan terlalu terpaku dengan perawatan luar, namun mulailah dengan perawatan dari dalam melalui makanan bergizi.

Menurut salah seorang ahli diet asal Chicago, Dawn Jackson Blatner, RD,  rambut Anda tumbuh 1/4 hingga 1/2 inci setiap bulannya.  Untuk tumbuh normal, bahan dasar seluruh rambut baru, kulit, dan kuku adalah nutrisi yang kita makan. 

¨Jika kita makan makanan sehat, sel-sel tubuh Anda akan tumbuh lebih kuat dan sehat, baik di dalam maupun di luar,¨ ungkap Blatner.

Para ahli rambut juga mengatakan, jika Anda terlahir dengan rambut tipis tapi normal, Anda takkan pernah memperoleh rambut yang tebal, meski Anda sudah berupaya memakan apapun.  Tetapi dengan diet yang seimbang dan banyak mengandung protein perangsang pertumbuhan dan juga zat besi, mungkin perbedaan akan Anda dapatkan.

Para ahli juga berpesan agar konsumen mewaspadai  penggunaan suplemen yang kerap dijual di pasaran untuk menebalkan atau menumbuhkan rambut.

¨Kalaupun Anda bisa menemukan suplemen yang baik di banyak toko, cobalah untuk selalu mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dari makanan-makanan alami di mana pun yang Anda peroleh,¨ ungkap Paradi Mirmarani, MD, ahli kulit di Allejo California seperti dikutip WebMD.

Berikut adalah 10 makanan yang berkhasiat dan dapat dijadikan sebagai fondasi yang kuat bagi kesehatan rambut Anda :

1. Salmon
 Jenis makanan yang satu ini kaya akan asam lemak omega 3, yang juga merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi, selain juga mengandung vitamin B12 dan zat besi.  Asam  lemak essensial omega 3 dibutuhkan untuk memperkuat kulit kepala. Kekurangan zat ini menyebabkan kulit kepala kering dan rambut mudah rontok.
 
 2. Sayuran Hijau Tua
 Bayam, brokoli dan Swiss chard adalah sumber penting vitamin A dan C.  Tubuh Anda membutuhknny guna memproduksi sebum, sejenis minyak yang dihasilkan folikl rambut Anda yang juga merupakan conditioner alami bagi rambut Anda.
 
 3.  Kacang-kacangan
 Mengonsumsi kacang merah, kacang polong atau pun kacang lentil ternyata penting artinya bagi kesehatan rambut. Kacang tak hanya menyediakan protein yang merangsang pertumbuhan rambut namun juga kaya akan zat besi, seng, dan biotin.  Untuk mendapatkan manfaat nyata, ahli diet Amerika  merekomendasikan tiga cangkir lebih kacang lentil setiap minggu.   
 
 4.  Kacang tanah
 Kacang tanah Brazil adalah salah satu sumber alami terbaik selenium, sejenis mineral yang penting untuk kesehatan kulit rambut.  Walnut mengandung asam linolenic alfa, omega 3 yang dapat memperbaiki kondisi rambut.  Makanan seperti almond, kacang cashew dan pecans  juga merupakan sumber penting seng.
 
 5. Daging unggas
 Daging ayam dan kalkun ternyata memiliki protein yang berkualitas tinggi yang dapat membuat rambut Anda menjadi lebih sehat.  Daging unggas juga mengandung zat besidengn kadar bioavailabiltas yang tinggi, yang berarti tubuh akan dengan mudah menyerap manfaatnya.
 
 6. Telur
 Telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang bisa Anda temukan.  Telur juga mengandung biotin dan vitamin B12  yang sangat penting sebagai nutrisi kecantikan.
 
 7. Gandum berserat tinggi
 Biasakan Anda memakan produk gandum yang menyehatkan termasuk roti atau sereal karena makanan ini banyak mengandung sseng, zat besi dan vitamin B.
 
 8.  Tiram
 Tiram mungkin lebih dikenal reputsinya sebagai aphrodisiak, namun mereka juga ternyata dikenal bermanfaat bagi kesehatan rambut.  Kunci pentingnya adalah zat mineral seng yang berfungsi sebagai antioksidan  kuat.
 
 9. Produk susu rendah kadar lemak.
 Produk-produk susu berkadar lemak rendah seperti susu kim atau yoghurt adalah sumber penting kalsium, salah satu mineral yang berguna bagi rambut.  Makanan ini juga mengandung kasein dan whey, dua protein berkualitas tinggi.  
 
 10.  Wortel
 Jenis sayuran ini kaya akan vitamin A, yang  dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala bersama dengan penglihatan.  Sejak sehatnya kulit kepala merupakan faktor penting bagi rambut yang berkilau, ada baiknya Anda untuk selalu menambahkan wortel dalam menu diet Anda atau sebagai  tambahan dalam hidangan salad.          

WebMD
Sumber :
Editor: acandra Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!