Jumat, 22 Agustus 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Makanan Pencegah Rambut Rontok
Senin, 10 Agustus 2009 | 15:26 WIB
shutterstock
Sayuran yang dikukus lebih baik dalam menjaga nutrisi yang terkandung.
TERKAIT:

Jangan biarkan kerontokan rambut mengancam kecantikan Anda. Cegah dengan asupan makanan bergizi untuk mengembalikan kekuatan akar rambut.

Ikan, telur dan kacang
Pada dasarnya rambut kita terdiri dari protein, karena itulah makanan tinggi protein sangat disarankan untuk menjaga kesehatan rambut. Pilih protein tanpa lemak, seperti ikan, daging ayam, telur, kacang almond, yogurt, atau tahu. Makanan tinggi lemak akan membuat kadar hormon testoteron pada pria menurun yang berdampak pada rambut rontok.

Zat besi
Zat besi memegang peran penting dalam pembuatan hemoglobin, bagian darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Bila kadar hemoglobin kita bagus, oksigen pun bisa didistribusi sempurna. Ini berarti, sirkulasi darah bisa sampai ke akar rambut, yang akan merangsang pertumbuhan rambut.

Tambahkan makanan mengandung zat besi dalam menu diet Anda sehari-hari. Makanan seperti telur, sayuran hijau, kismis, serta sereal gandum utuh, merupakan sumber zat besi yang baik. Selain itu konsumsi pula vitamin C karena vitamin ini meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Seafood
Pria yang mengalami kebotakan diketahui memiliki kekurangan zinc dalam tubuhnya. Zinc berperan dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari produksi sel hingga keseimbangan hormon, dan fungsi-fungsi ini memengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, zinc berperan dalam kelenjar rambut yang "mengikat" akar rambut.

Bila kita kekurangan zinc, folikel rambut jadi lemah sehingga rambut  mudah terlepas dari akarnya. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan mengandung zinc tinggi, seperti daging merah, daging unggas, kacang, kerang, atau udang.

askmen
Sumber :
Penulis: AN   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!