Rabu, 23 April 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Kenapa Ya Wanita Sulit Greng?
Kamis, 9 Juli 2009 | 17:03 WIB

KOMPAS.com — Seks. Tanpanya, kehidupan perkawinan akan terasa hambar. Namun, kenyataannya hasrat seksual bisa menurun, bahkan padam. Sebabnya antara lain jenuh, stres, ataupun kelelahan. Seperti halnya pada pria, wanita pun bisa kehilangan gairah. Apa saja penyebabnya?

1. Gangguan psikologi
Kurang pede
Hilangnya rasa percaya diri merupakan penyebab utama gairah wanita sulit berkobar. Citra diri yang buruk, utamanya berkaitan dengan perasaan kurang seksi atau kegemukan, adalah hal yang membuat wanita sulit "kesetrum". Rasa kurang percaya diri pada bentuk tubuhnya tadi sering membuat wanita merasa kikuk bila harus bercinta dengan lampu menyala.

Stres dan kecemasan
Stres dan kecemasan, baik soal pekerjaan, anak, finansial, maupun hal lain yang tidak dikomunikasikan bisa menyebabkan seorang wanita malas berintim-intim. Untuk mengatasinya, ajak pasangan berkomunikasi dan beri solusi dari masalah yang dihadapinya. Saat keadaan membaik, normalkan kembali hubungan seksual Anda dan pasangan.

Jenuh
Kejenuhan, baik dengan pasangan, maupun gaya bercinta, sering kali membuat wanita malas diajak berintim-intim. Masalah ini semakin berat bila Anda dan pasangan termasuk dalam orang yang tabu membahas soal seks. Solusinya, jangan segan mencoba variasi posisi bercinta untuk kepuasan berdua.

2. Penyebab fisik
Lelah
Energi yang terkuras sepulang kerja membuat banyak pasangan enggan melakukan hubungan seksual. Jangankan bercinta, bermesraan saja rasanya sudah tak ada tenaga. Tak aneh bila gairah bercinta pun turun. Untuk menyiasatinya, pilihlah waktu bercinta yang pas, yakni saat kondisi fisik Anda berdua sedang fit, misalnya pagi hari setelah bangun tidur.

Kurang olahraga
Penelitian menunjukkan wanita yang rutin berolahraga memiliki dorongan seksual yang lebih tinggi dibanding yang jarang berolahraga. Selain itu, olahraga juga mengurangi gejala post menstrual syndrome (PMS). Tubuh yang bugar juga membuat hormon-hormon dalam tubuh siap menyongsong kehamilan.

Kurang gizi
We are what we eat. Pola makan memegang peran yang penting dalam siklus menstruasi, rasa nyaman, dan kebahagiaan seorang wanita. Makanan yang bernutrisi bukan hanya mencukupi kebutuhan gizi tubuh, tetapi juga meningkatkan energi. Hidup yang berenergi berarti juga energi yang tinggi untuk seks.

Polusi
Bila tubuh kita tak pernah didetoks, racun-racun yang ada dalam tubuh lama-lama menumpuk dan menurunkan level energi, termasuk juga berkurangnya hasrat seksual. Asap rokok, polusi, kurang olahraga, pola makan yang buruk, bisa membuat organ-organ tubuh, termasuk organ reproduksi, tidak sehat.

3. Kontrasepsi
Kontrasepsi berbentuk oral bisa menurunkan libido karena kebanyakan pil kontrasepsi bekerja agar tubuh menghindari ovulasi sebelum masa menstruasi. Akibatnya level sex hormone-binding globulin (SHBG) meningkat, yang berpengaruh pada kadar testosteron.

4. Obat-obatan
Beberapa jenis obat antidepresi bisa menurunkan libido pada perempuan. Demikian juga dengan obat penurun darah tinggi. Obat antidepresi biasanya bertujuan untuk membuat perasaan lebih tenang sehingga seseorang merasa nyaman dengan hidupnya dan lebih berenergi. Sayangnya, obat ini juga membuat seorang wanita sulit mencapai orgasme.

askmen
Sumber :
Penulis: AN   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!