Selasa, 23 September 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
PLN Umumkan Tender PLTU Pemalang
Senin, 22 Juni 2009 | 09:05 WIB
Kompas/Iwan Setiyawan (SET)
Aktivitas pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro di Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (26/2). Pembangunan PLTU yang rencananya berkapasitas 2x315 MW tersebut termasuk salah satu proyek percepatan pembangkit 10.000 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik di Jawa dan Bali.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mengumumkan secara resmi, proses tender prakualifikasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) berbahan bakar batu bara dengan kapasitas daya terpasang hingga 2.000 Mega Watt (MW).

Dalam pengumuman prakualifikasi yang disampaikan PLN di media massa nasional Jakarta, Senin disebutkan, proyek yang diperkirakan menelan investasi sekitar dua miliar dolar AS tersebut memakai skema pembangkit listrik swasta (independent power producer/IPP).

Dengan skema IPP, maka pemenang tender akan mengembangkan, mendanai, melakukan konstruksi dan mengoperasikan proyek pembangkit secara "build own operate/build own transfer" (BOO/BOT), serta mendanai dan melakukan konstruksi ke jaringan transmisi 500 kV yang dimiliki PLN.

Pemenang tender akan melaksanakan kontrak penjualan listrik (power purchase agreement/PPA) dengan PLN selama 30 tahun.

Proyek IPP tersebut mengacu Perpres No 67 Tahun 2005 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur melalui mekanisme "public private partnerships" (PPP).

Sesuai Perpres tersebut maka proyek PPP dimungkinkan mendapatkan surat jaminan pemerintah. Proyek direncanakan memakai teknologi boiler superkritikal dengan kapasitas terpasang hingga 2.000 MW. Teknologi superkritikal dikenal mempunyai efisiensi lebih tinggi dibandingkan proyek sejenis lainnya.

PLN akan mencari peminat prakualifikasi yang memiliki pengalaman melaksanakan pembangkit sejenis. Dokumen prakualifikasi dapat disampaikan ke PLN sejak 22 Juni hingga 1 Juli 2009.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN Bambang Praptono mengatakan, pihaknya menargetkan PPA Pemalang dapat ditandatangani akhir tahun 2009.

Selanjutnya, perusahaan akan diberikan waktu maksimal selama satu tahun atau hingga akhir 2010 untuk menyelesaikan pendanaan proyek. Tahap konstruksi proyek ditargetkan dimulai awal 2011. Jika perkiraan masa konstruksi selama tiga tahun, maka pembangunan PLTU Pemalang selesai akhir 2013 atau awal 2014.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 30 perusahaan khususnya asing yang berminat membangun proyek PLTU Pemalang. Di antaranya, Marubeni, Mitsui, Guadian, dan Sumitomo.

Ant
Sumber :
Penulis: EDJ   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!