Rabu, 23 April 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Tumbuhkan Minat Baca dengan Program Sejam Sehari
Rabu, 10 Juni 2009 | 20:44 WIB
FRANS AGUNG
Sastrawan Taufiq Ismail (berkopiah) beserta Para Direksi Balai Pustaka berfoto sambil membawa 8 buku seri sastra klasik (10/6). Satu paketnya dijual Rp. 2.150.000.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Tokoh sastra terkenal Indonesia Taufiq Ismail mengatakan, untuk menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda harus melalui program "sejam" dalam sehari.

"Program 'sejam sehari' itu perlu disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat agar mereka bisa meluangkan waktunya untuk membaca," katanya di sela-sela peluncuran buku seri Sastra Klasik bertema "Indonesian Cultural Heritage" di Jakarta, Rabu (10/6) malam.

Balai Pustaka melalui tim UBS media kreatif memilih delapan judul karya sastra monumental yang dianggap dapat mewakili karya sastra klasik Indonesia dan mewakili nilai-nilai moral manusia.

Taufiq Ismail, menjelaskan, minat baca masyarakat selama ini bukan saja persoalan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara maju. "Karenanya tinggalkan semua aktivitas satu jam sehari untuk membaca dan belajar," ujarnya.

Salah satu faktor menurunnya minat baca di kalangan masyarakat, menurut Taufiq Ismail, karena pengaruh media televisi. "Orang begitu gampang dan lalai dengan siaran televisi sehingga tidak memiliki lagi kesempatan untuk membaca dan belajar, khususnya di kalangan generasi muda," kata dia.

Oleh karena itu, ia menyatakan, beberapa budayawan sempat bertemu muka dengan tiga pasangan capres-cawapres yang akan maju dalam pemilu presiden (pilpres) 8 Juli 2009.

"Dalam pertemuan terpisah dengan tiga pasangan capres-cawapres itu, kami mengemukakan bahwa minat baca dan belajar masyarakat menurun sekali. Kami menanyakan juga apa yang akan dilakukan jika terpilih," ujar dia menjelaskan.

Taufiq Ismail menjelaskan, ketiga pasangan capres-cawapres itu telah berjanji akan melakukan sesuatu untuk membangkitkan kembali minat membaca dan belajar di masyarakat. "Ya janji mereka kepada kami itu tetap ditunggu. Jadi, siapa pun yang terpilih sangat diharapkan adanya program untuk membangkitkan minat baca masyarakat," kata dia.

Ant
Sumber :
Penulis: MSH   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!