Jumat, 1 Agustus 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Hati-hati Caleg Stres karena Bilangan Pembagi Pemilih
Senin, 6 April 2009 | 15:14 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Para calon anggota legislatif diminta untuk menyiapkan mental lantaran perolehan suara terbanyak tidak serta merta memastikan seorang caleg menjadi anggota DPR atau DPRD Provinsi Jatim.

Diperolehnya jabatan anggota legislatif hanya dipastikan oleh bilangan pembagi pemilih (BPP) yang memperhitungkan pula faktor lain selain perolehan suara terbanyak.

Demikian dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim, Najib Hamid, di Surabaya, Senin (6/4). "Total di Jatim ada 1.655 caleg yang memperebutkan 100 kursi di tingkat DPRD Jatim. Artinya, sebanyak 1.500 caleg harus mempersiapkan mental," kata Najib.

Najib menjelaskan, perolehan suara terbanyak seorang caleg tidak menjadi jaminan lolosnya orang tersebut menjadi caleg. Sebab, harus diperhitungkan pula total perolehan suara partai dan besarnya suara sisa dalam BPP.

"Bila caleg A di partainya sudah mendapat suara banyak, harus dilihat juga perolehan suara partai dan sisa suara yang ada," kata Najib.

Penulis: DEE   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!