Jumat, 31 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Pasien Meninggal, Klinik Alternatif Dilaporkan ke Polda
Jumat, 5 Desember 2008 | 10:57 WIB
KOMPAS.COM/HAMZAH
Mulyadi (48), suami Siti Rokiyah (51) yang menjadi korban malpraktek menunjukkan barang bukti obat-obatan herbal di Mapolda Metro Jaya, Jumat (5/12)
TERKAIT:

JAKARTA, JUMAT — Mulyadi (48), suami dari Siti Rokiyah (51), yang diduga menjadi korban kesalahan pengobatan yang dilakukan oleh sebuah klinik konsultasi dan pengobatan alternatif milik Gus Muh di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan kejadian yang menimpa istrinya. Ia didampingi M Sentot, Direktur LBH Kesehatan, dan Nurhayati, sekretaris.

Mulyadi melaporkan dugaan salah pengobatan setelah istrinya, Rokiyah, meninggal dunia pada 29 September 2008. "Setelah sembilan kali menjalani terapi mulai 22 Agustus 2008 tidak ada tanda-tanda penyembuhan dari istri saya," ujar Mulyadi di Mapolda, Jakarta, Jumat (5/12).

Rokiyah sebelumnya didiagnosis mengidap kanker payudara dan pernah menjalani operasi di sebuah rumah sakit. "Kami juga membawa contoh obat-obatan herbal yang diberikan Gus Muh kepada istri saya dan akan kami serahkan sebagai barang bukti," kata Mulyadi.

Menurut M Sentot, pemilik klinik pengobatan alternatif itu melanggar Pasal 82 Ayat 1 huruf a dan Pasal 82 Ayat 2 huruf b serta Pasal 83 jo Pasal 359 KUHP tentang pengobatan dan perawatan yang harus dilakukan sesuai standar UU yang berlaku. Pelanggarnya terancam hukuman lima tahun penjara. Saat ini Mulyadi dan M Sentot masih diperiksa di Kantor SPK Polda Metro Jaya.

Klinik Gus Muh di Jl Swadaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, ketika dihubungi membenarkan bahwa  Siti Rokiyah pernah menjadi pasien mereka. "Kasus ini sebenarnya telah diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Namun, Mulyadi bersikeras melaporkan kasus ini kepada polisi," kata Santi, seorang wanita yang mengaku sebagai karyawan Gus Muh dari ujung telepon.

Penulis: C11-08   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!