Selasa, 29 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Jenis Pengobatan Cidera Lutut
Jumat, 14 November 2008 | 05:51 WIB

SALAH satu faktor risiko terbesar terserang sakit lutut adalah berlebihnya berat badan. Saat berat badan menaik, maka bertambah pula tekanan pada sendi lutut. Bahkan aktivitas biasa seperti berjalan atau naik turun tangga bisa menyebabkan banyak beban pada sendi. Hal ini juga meningkatkan risiko osteoarthritis dengan mempercepat rusaknya tulang rawan.

Cidera pada lutut juga bisa terjadi karena digunakan terlalu sering, olahraga atau aktivitas fisik, tidak adanya pemanasan dan peregangan tubuh sebelum olahraga, masalah dengan posisi dan trauma (karena kecelakaan, jatuh atau pukulan langsung sampai lutut).

Jika Anda mengalami penyakit baru pada lutut yang tidak parah atau melumpuhkan, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencoba mengobatinya sendiri terlebih dulu.

Cidera ligamen awalnya bisa diobati dengan sekantung es, penghentian pergerakan, dengan cara beristirahat dan peninggian. Jika kondisi tidak bertambah baik dalam tiga sampai tujuh hari, sebaiknya kunjungi dokter atau spesialis di ilmu kedokteran olahraga atau orthopedi. Selain memberikan terapi fisio, obat yang tidak mengandung steroid dan tidak menyebabkan peradangan, pasien kadang diberikan penjepit atau papan penyangga untuk melumpuhkan sendi untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat kesembuhan.

Tetapi, secara tradisional, fisioterapi dan pharmacologic terapi kerap tidak efektif atau meninggalkan sisa-sisa gejala. Karenanya, penyuntikan suplemen pada lutut (Viscosupplementation), pembedahan Arthroskopi (Arthroscopic surgery) atau pencangkokan tulang rawan sebagai jaringan penghubung pada lutut (Articular Cartilage Transplant) dapat dilakukan untuk memperbaiki cidera parah.

Viscosupplementasi
Viscosupplementasi adalah pilihan baru yang ada bagi pasien dengan gejala lutut osteoarthritis, yang melibatkan rentetan injeksi intra-artionlar asam hyaluronic. Sementara, pasien yang tidak menyukai pengobatan tradisional sebaiknya mencoba perawatan ini.

Suplemen Hyalgan disuntikkan secara langsung ke dalam sendi lutut untuk memperbaiki gizi dan pelumasan. Pada kebanyakan kasus, pasien menemukan kenyamanan dalam berjalan setelah injeksi. Tetapi, penting diperhatikan bahwa Viscosupplementasi ini biasanya dilakukan jika semua jenis pengobatan lain telah dilakukan namun gagal untuk mengurangi rasa sakit.

Pembedahan Arthroskopi
Pembedahan Arthroskopi merupakan prosedur orthopedik yang praktis dan cukup dikenal untuk mendiagnosa dan mengobati masalah sendi lutut. Pembedahan Arthroskopi dilakukan dengan memasukkan kamera ke sumber cahaya serat optik ke dalam sendi lewat torehan kecil.

Ahli bedah memanfaatkan aliran air bertekanan rendah untuk membersihkan lutut dan menyingkirkan bahan yang mengandung racun, melonggarkan badan atau memperbaiki jaringan atau membuang jaringan yang tumbuh secara berlebihan menggunakan laser. Pasien hanya diharuskan tinggal semalam setelah pembedahan dan sudah bisa kembali ke rumah tanpa bantuan.

Pencangkokan Tulang Rawan
Tulang rawan adalah bahan yang paling mengagumkan, kuat, elastis dan awet yang melindungi ujung tulang di sendi dari tekanan. Kondisi idealnya, bisa bertahan seumur hidup. Tetapi, jika tulang rawan menjadi rusak, malah aktivitas yang paling biasa bisa menyebabkan erosi tulang rawan dari permukaan sendi dan jika tak diobati, kemungkinan akan sangat menyakitkan, kehilangan fungsi, lumpuh dan dapat mengarah ke osteoarthritis lutut.

Selama beberapa tahun terakhir, pencangkokan tulang rawan lutut sudah menjadi metode yang berhasil karena dapat memperbaiki sendi lutut yang cedera terus-menerus akibat olahraga atau kecelakaan. Prosedur pencangkokan ini dirancang untuk menumbuhkan kembali tulang rawan pada sendi lutut yang rusak akibat trauma atau radang sendi. Caranya dengan menanam tulang rawan si pasien dan memindahkan jaringan tersebut ke area yang rusak, melalui satu prosedur operasi.

Olahraga ringan yang teratur, metode peregangan dan kontrol berat badan yang baik dapat membantu mengurangi resiko cidera lutut. Lutut akan tetap dalam kondisi baik selama anda menjaganya dengan baik. Tidak mengabaikan sakit lutut begitu saja karena mungkin bisa menyebabkan masalah serius yang lainnya. Konsultasi pada dokter jika rasa sakit yang anda alami lebih dari 7 hari.

Oleh dr. T. Chotanaphuti

Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!