Jumat, 31 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Pilihan Lensa Tentukan Ongkos Operasi Katarak
Selasa, 4 November 2008 | 10:40 WIB
Dhoni Setiawan
Suasana proses operasi katarak di Rumah Sakit Mata AINI, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (18/10). Dalam rangka memperingati World Sight Day, rumah sakit yang berdiri sejak 1980 ini memberikan pelayanan operasi gratis kepada 55 pasien yang berasal dari Jabodetabek.
TERKAIT:

BERBEDA dengan tahun-tahun sebelumnya, operasi katarak kini memang jauh lebih murah. Seiring kemajuan teknologi, teknik sayatan maupun peralatan operasi katarak juga semakin canggih. Hanya, besar kecilnya ongkos kini sangat tergantung pada pilihan lensa buatan yang diinginkan si penderita.

Umumnya, rumah sakit mata mempunyai jenis-jenis lensa sesuai kebutuhan pasien. Tapi, mengingat lensa buatan ini akan dipakai sepanjang sisa hidupnya, sebelum memilih dan melakukan operasi, sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan lensa yang tepat.

Lantas, berapa biaya operasi katarak saat ini? Jakarta Eye Center mengutip biaya antara Rp 8,5 juta hingga Rp 15 juta. Ada tiga jenis lensa buatan yang disediakan oleh rumah sakit mata yang mengoperasi 400 orang sampai 600 orang pasien katarak dalam sebulan ini.

Yakni, IOL monofokus asferik seharga Rp 8,5 juta, IOL monofokus tonic yang harganya Rp 11 juta, dan IOL multifokus yang biayanya mencapai Rp 15 juta. Sekedar catatan saja, harga lensa ini biasanya sudah termasuk dalam biaya operasi.

Sementara itu, banderol biaya operasi di Klinik Mata Nusantara tak jauh berbeda. Namun, rumah sakit mata yang terletak di Jakarta Barat ini hanya memiliki dua jenis lensa mata. Yakni lensa monofokus dan lensa doublefokus. Lensa monofokus dilabel dengan harga Rp 8,7 juta. Sedangkan lensa doublefokus berkisar Rp 13 juta. (Tunggul Joko Pamungkas)

KONTAN
Sumber :
Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!