Jumat, 31 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
KOMPAS
Cara Enak Turunkan Kolesterol
Kamis, 18 September 2008 | 12:30 WIB

ADA banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingginya kadar kolesterol dalam darah, mulai dari mengurangi kebiasaan menyantap makanan lezat berkolesterol hingga melakukan olahraga secara rutin.

Namun di antara sekian banyak cara, sebenarnya ada hal paling mudah dan aman dilakukan yakni mengubah gaya hidup Anda dengan mengonsumsi makanan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol.  

Menurut Dr Ida Gunawan MS, SpGK, konsultan dan ahli gizi dari Rumah Sakit Puri Indah, Jakarta, salah satu yang kini banyak direkomendasikan adalah melakukan terapi gaya hidup dengan mengonsumsi Plant Stanol Ester (PSE). Mengonsumsi makanan tambahan yang mengandung PSE merupakan suatu terapi diet yang efektif, aman dan bukan terapi obat.  

"Terapi ini telah dimasukkan dalam NCEP (National Cholesterol Education Program) Internasional dan di Amerika Serikat telah dikeluarkan suatu statement bahwa PSE telah dimasukkan dalam terapi gaya hidup," ujar Ida di sela-sela peluncuran  Nutrive Benecol, di Jakarta, Rabu (17/9).

Ida menerangkan, PSE sebenarnya merupakan jenis fitosterol  yang terkandung dalam makanan terutama pada diet orang-orang barat. PSE terdapat pada jenis makanan seperti jagung, minyak zaitun (olive oil) atau gandum oat, namun kadarnya sangat rendah hanya mencapai sekitar 20 hingga 60 mg per porsi makanan.

"Dengan kandungan yang rendah tersebut, kemampuan menurunkan kadar kolesterol tidak sebaik kalau dosisnya maksimum. Oleh karena itu, dibuatlah sediaan yang baru dalam bentuk plant sterol ester atau plant stanol ester, yang sudah digabung dalam bentuk esternya supaya memliki kemampuan maksimal menurunkan kolesterol," ungkapnya.

Dari berbagai penelitian telah terungkap bahwa kemampuan PSE menurunkan kadar kolesterol terbukti lebih baik. "Koleserol total dapat diturunkan hingga 10 persen, dan kolesterol jahat (LDL) dapat ditekankan hingga 14 persen. Dengan penambahan PSE dalam diet sehari-hari, risiko terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung koroner akan menurun," ujar Ida.

Ida menambahkan, untuk mencapai hasil terbaik menurunkan kolesterol,  PSE sebaiknya dikonsumsi dengan dosis maksimal sekitar 2 gram per hari.  Ini merupakan hasil riset selama 20 tahun dan telah dimasukkan NCEP sebagai TLC (Component of Theurapeutic Lifestyle Changes).

"Jadi ini harus dimasukkan dalam gaya hidup kita sehari-hari, bukan sebagai obat. Artinya apa? Bila setiap hari Anda makan, berarti Anda harus menambahkan stanol dalam makanan Anda," tegasnya.

Pertama di dunia
Sebagai salah satu solusi menambahkan PSE dalam diet sehari-hari, di Indonesia kini hadir Nutrive Benecol yang diproduksi Kalbe Nutritional. Nutrive Benecol merupakan produk penurun kolesterol dalam bentuk smoothie yang pertama di dunia yang efektif membantu menurunkan kolesterol total hingga 8 persen dan kolesterol jahat atau LDL sampai 11 persen.

Nutrive Benecol juga baik untuk mempertahankan kadar kolesterol dan dapat dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol normal untuk upaya pencegahan. Produk ini aman dikonsumsi karena  berasal dari bahan alami (kulit pohon pinus) dan telah mendapatkan status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari United State Food Drug Administration.

Penulis: AC   |   Loading...
Sent from Indosat BlackBerry powered by
    Font: A A A
  Kirim Komentar Anda
  • Loading data..
 
Kirim Komentar Anda
Silakan login untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Dapatkan Informasi Kesehatan Disini!